ornaments

Privacy Policy


Adanya Kebijakan Privasi ini adalah komitmen nyata dari Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk menghargai dan melindungi setiap data atau informasi pribadi Pengguna situs https://eoffice.bkpm.go.id, situs-situs turunannya, serta aplikasi gawai E-Office.

Kebijakan Privasi ini (beserta syarat-syarat penggunaan dari aplikasi E-Office sebagaimana tercantum dalam Syarat & Ketentuan dan informasi lain yang tercantum di aplikasi) menetapkan dasar atas perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penampilan, pengiriman, pembukaan, penyimpanan, perubahan, penghapusan dan/atau segala bentuk pengelolaan yang terkait dengan data atau informasi yang mengidentifikasikan atau dapat digunakan untuk mengidentifikasi Pengguna yang Pengguna berikan kepada aplikasi E-Office atau yang aplikasi E-Office kumpulkan dari Pengguna maupun pihak ketiga (selanjutnya disebut sebagai Data Pribadi).

Dengan mengklik “Daftar” (Register) atau pernyataan serupa yang tersedia di laman pendaftaran aplikasi, Pengguna menyatakan bahwa setiap Data Pribadi Pengguna merupakan data yang benar dan sah, Pengguna mengakui bahwa ia telah diberitahukan dan memahami ketentuan Kebijakan Privasi ini serta Pengguna memberikan persetujuan kepada E-Office untuk memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menampilkan, mengirimkan, membuka, menyimpan, mengubah, menghapus, mengelola dan/atau mempergunakan data tersebut untuk tujuan sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi.

Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi Pengguna

E-Office mengumpulkan Data Pribadi Pengguna dengan tujuan untuk memproses aktivitas Pengguna, mengelola dan memperlancar proses penggunaan aplikasi, serta tujuan-tujuan lainnya selama diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Adapun data Pengguna yang dikumpulkan adalah sebagai berikut:

Data yang diserahkan secara mandiri oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada data yang diserahkan pada saat Pengguna:

  1. Membuat atau memperbarui akun E-Office, termasuk diantaranya nama pengguna (username), alamat email, nomor telepon, password, alamat, foto, dan informasi lainnya yang dapat mengidentifikasi Pengguna;
  2. Melakukan verifikasi akun, termasuk diantaranya Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  3. Menghubungi E-Office, termasuk melalui layanan pelanggan (customer service);
  4. Mengisi survei yang dikirimkan oleh E-Office atau pihak lain yang ditunjuk secara resmi untuk mewakili E-Office;
  5. Melakukan interaksi dengan Pengguna lainnya melalui fitur interaktif satu arah seperti menuliskan komentar, maupun tanggapan.
  6. Layanan-layanan pada aplikasi, termasuk data persetujuan yang detil, diantaranya keterangan usulan, keterangan pemberi persetujuan, sampapi dengan data untuk tandatangan elektronik.
  7. Mengisi data-data detail mengenai alamat pengguna, alamat pihak-pihak yang terkait kedalam sistem, termasuk namun tidak terbatas pada data alamat lengkap, titik koordinat lokasi berupa longitude latitude, nomor telepon, dan nama yang tercantum saat melakukan penyimpanan data di aplikasi E-Office.
  8. Fitur pada aplikasi yang membutuhkan izin akses ke data yang relevan yang tersimpan dalam perangkat Pengguna.

Data yang terekam pada saat Pengguna mempergunakan aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada:

  1. Data lokasi riil atau perkiraannya seperti alamat IP, lokasi Wi-Fi dan geo-location;
  2. Data berupa waktu dari setiap aktivitas Pengguna sehubungan dengan penggunaan aplikasi, termasuk waktu pendaftaran, login dan aktivitas;
  3. Data penggunaan atau preferensi Pengguna, diantaranya interaksi Pengguna dalam menggunakan aplikasi, pilihan yang disimpan, serta pengaturan yang dipilih. Data tersebut diperoleh menggunakan cookies, pixel tags, dan teknologi serupa yang menciptakan dan mempertahankan pengenal unik;
  4. Data perangkat, diantaranya jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses aplikasi, termasuk model perangkat keras, sistem operasi dan versinya, perangkat lunak, nomor IMEI, nama file dan versinya, pilihan bahasa, pengenal perangkat unik, pengenal iklan, nomor seri, informasi gerakan perangkat, dan/atau informasi jaringan seluler; dan/atau
  5. Catatan (log), diantaranya catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis peramban (browser), dan/atau situs atau layanan pihak ketiga yang Pengguna gunakan sebelum berinteraksi dengan aplikasi.

Data yang diperoleh dari sumber lain, termasuk namun tidak terbatas pada:

  1. Berupa geo-location (GPS) dari mitra E-Office yang turut membantu E-Office dalam mengembangkan dan menyajikan layanan-layanan dalam aplikasi kepada Pengguna, seperti  mitra penyedia infrastruktur situs, dan mitra- mitra lainnya.
  2. Berupa email, nomor telepon, nama, gender, dan/atau tanggal lahir dari mitra E-Office tempat Pengguna membuat atau mengakses akun E-Office, seperti layanan media sosial, atau situs/aplikasi yang menggunakan application programming interface (API) E-Office atau yang digunakan E-Office;
  3. E-Office dapat menggabungkan data yang diperoleh dari sumber tersebut dengan data lain yang dimilikinya.

Penggunaan Data Pribadi

E-Office dapat menggunakan Data Pribadi yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna sebagaimana disebutkan dalam bagian sebelumnya untuk hal-hal sebagai berikut:

Memproses segala bentuk permintaan, aktivitas maupun aktivitas yang dilakukan oleh Pengguna melalui aplikasi, termasuk untuk keperluan pengiriman notifikasi kepada Pengguna.

Penyediaan fitur-fitur untuk memberikan, mewujudkan, memelihara dan memperbaiki pelayanan kami, termasuk:

  1. Menawarkan, memperoleh, menyediakan, atau memfasilitasi layanan ]seperti laman beranda, penelusuran, pencarian, artikel, data usulan, maupun layanan lainnya melalui aplikasi;
  2. Fitur untuk mempribadikan (personalised) akun E-Office, seperti notifikasi, keputusan/persetujuan; dan/atau
  3. Kegiatan internal yang diperlukan untuk menyediakan layanan pada aplikasi E-Office, seperti pemecahan masalah software, bug, permasalahan teknis, melakukan analisis data, pengujian, dan penelitian, dan untuk memantau dan menganalisis kecenderungan penggunaan dan aktivitas.

Membantu Pengguna pada saat berkomunikasi dengan Layanan Pelanggan E-Office, diantaranya untuk:

  1. Memeriksa dan mengatasi permasalahan Pengguna;
  2. Mengarahkan pertanyaan Pengguna kepada petugas layanan pelanggan yang tepat untuk mengatasi permasalahan;
  3. Mengawasi dan memperbaiki tanggapan layanan pengguna E-Office;
  4. Menghubungi Pengguna melalui email, surat, telepon, fax, dan metode komunikasi lainnya, termasuk namun tidak terbatas, untuk membantu dan/atau menyelesaikan proses penyelesaian kendala, serta menyampaikan berita atau notifikasi lainnya sehubungan dengan perlindungan Data Pribadi Pengguna oleh E-Office, termasuk kegagalan perlindungan Data Pribadi Pengguna;
  5. Menggunakan informasi yang diperoleh dari Pengguna untuk tujuan penelitian, analisis, pengembangan dan pengujian produk guna meningkatkan keamanan layanan-layanan pada aplikasi, serta mengembangkan fitur dan produk baru; dan
  6. Menginformasikan kepada Pengguna terkait layanan, promosi, studi, survei, berita, perkembangan terbaru, acara dan informasi lainnya, baik melalui aplikasi maupun melalui media lainnya.

Monitoring ataupun investigasi terhadap aktivitas-aktivitas mencurigakan atau aktivitas yang terindikasi mengandung unsur kecurangan atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan atau ketentuan hukum yang berlaku, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut dari hasil monitoring atau investigasi aktivitas tersebut.

Dalam keadaan tertentu, E-Office mungkin perlu untuk menggunakan ataupun mengungkapkan Data Pribadi Pengguna untuk tujuan penegakan hukum atau untuk pemenuhan persyaratan dan kewajiban peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk dalam hal terjadinya sengketa atau proses hukum antara Pengguna dan E-Office, atau dugaan tindak pidana seperti penipuan atau pencurian data.

Pengungkapan Data Pribadi Pengguna

E-Office berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali E-Office dan menjamin tidak ada pengungkapan, penjualan, pengalihan, distribusi dan/atau peminjaman Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga lain, tanpa persetujuan dari Pengguna, kecuali dalam hal-hal sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan adanya pengungkapan Data Pribadi Pengguna kepada mitra atau pihak ketiga lain yang membantu E-Office dalam menyajikan layanan yang tersedia atau layanan yang di kemudian hari akan tersedia pada aplikasi dan memproses segala bentuk aktivitas Pengguna dalam aplikasi, termasuk memproses persetujuan, dan verifikasi data.
  2. E-Office dapat menyediakan Data Pribadi Pengguna kepada mitra usaha sesuai dengan persetujuan Pengguna untuk menggunakan layanan mitra usaha, termasuk diantaranya aplikasi atau situs lain yang telah saling mengintegrasikan API atau layanannya.
  3. Dibutuhkan adanya komunikasi antara mitra E-Office (seperti penyedia fitur atau fasilitas layanan lainnya) dengan Pengguna dalam hal penyelesaian kendala maupun hal-hal lainnya.
  4. E-Office dapat menyediakan Data Pribadi Pengguna kepada konsultan, mitra, firma/lembaga riset, atau penyedia layanan sejenis dalam rangka kegiatan peningkatan dan pemeliharan kualitas layanan E-Office, serta kegiatan publikasi lainnya.
  5. Pengguna menghubungi E-Office melalui media publik seperti media sosial, dan fitur tertentu pada aplikasi, yang mana komunikasi antara Pengguna dan penyedia layanan E-Office  tersebut dapat dilihat dan diketahui oleh khalayak ramai.
  6. E-Office dapat membagikan Data Pribadi Pengguna kepada anak perusahaan dan afiliasinya untuk membantu memberikan layanan atau melakukan pengolahan data untuk dan atas nama E-Office.
  7. E-Office dapat mengungkapkan dan/atau memberikan Data Pribadi Pengguna kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam rangka pelaksanaan analisis kelayakan Pengguna.
  8. E-Office mengungkapkan Data Pribadi Pengguna dalam upaya mematuhi kewajiban hukum dan/atau adanya permintaan yang sah dari aparat penegak hukum atau instansi penyelenggara negara yang berwenang.

Dengan pengungkapan Data Pribadi Pengguna sebagaimana dijelaskan di atas, E-Office akan/mungkin perlu mengungkapkan Data Pribadi Pengguna kepada penyedia layanan pihak ketiga, afiliasi atau perusahaan mitra terkait E-Office, dan/atau pihak ketiga lainnya yang berlokasi di luar wilayah Indonesia. Meskipun demikian, penyedia layanan pihak ketiga, afiliasi atau perusahaan mitra terkait dan/atau pihak ketiga lainnya tersebut hanya akan mengelola dan/atau memanfaatkan Data Pribadi Pengguna sehubungan dengan satu atau lebih tujuan sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Cookies

Cookies adalah file kecil yang secara otomatis akan mengambil tempat di dalam perangkat Pengguna yang menjalankan fungsi dalam menyimpan preferensi maupun konfigurasi Pengguna selama mengunjungi suatu situs.sperangkat komputer Pengguna, selain dari yang telah Pengguna setujui untuk disampaikan.

Walaupun secara otomatis perangkat komputer Pengguna akan menerima cookies, Pengguna dapat menentukan pilihan untuk melakukan modifikasi melalui pengaturan browser Pengguna yaitu dengan memilih untuk menolak cookies (pilihan ini dapat menghambat tersedianya layanan E-Office secara optimal pada saat Pengguna mengakses aplikasi).

Pilihan Pengguna dan Transparansi

Perangkat seluler pada umumnya (iOS dan Android) memiliki pengaturan sehingga aplikasi E-Office tidak dapat mengakses data tertentu tanpa persetujuan dari Pengguna. Perangkat iOS akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi E-Office pertama kali meminta akses terhadap data tersebut, sedangkan perangkat Android akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi E-Office pertama kali dimuat. Dengan menggunakan aplikasi dan memberikan akses terhadap aplikasi, Pengguna dianggap memberikan persetujuannya terhadap pengumpulan dan penggunaan Data Pribadi Pengguna dalam perangkatnya.

Setelah aktivitas melalui aplikasi berhasil, Pengguna (sebagaimana didefinisikan dalam Syarat dan Ketentuan) memiliki kesempatan untuk memberikan tanggapan dan komentar  terhadap usulan satu sama lain. Informasi ini dapat dilihat secara publik.

Pengguna dapat mengakses dan mengubah informasi berupa alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, jenis kelamin, daftar alamat, dan informasi pribadi lainnya melalui fitur Profil pada aplikasi.

Keamanan, Penyimpanan dan Penghapusan Data Pribadi Pengguna

E-Office melindungi setiap Data Pribadi Pengguna yang disimpan dalam sistemnya, serta melindungi data tersebut dari akses, penggunaan, modifikasi, pengambilan dan/atau pengungkapan tidak sah dengan menggunakan sejumlah tindakan dan prosedur keamanan, termasuk kata sandi Pengguna.

Data Pribadi Pengguna juga dapat disimpan atau diproses di luar negara oleh pihak yang bekerja untuk E-Office di negara lain, atau oleh penyedia layanan pihak ketiga atau mitra.

Dalam hal tersebut, E-Office akan memastikan bahwa Data Pribadi tersebut tetap terlindungi sesuai dengan komitmen E-Office dalam Kebijakan Privasi ini.

Walaupun E-Office telah menggunakan upaya terbaiknya untuk mengamankan dan melindungi Data Pribadi Pengguna, perlu diketahui bahwa pengiriman data melalui Internet tidak pernah sepenuhnya aman. Dengan demikian, E-Office tidak dapat menjamin 100% keamanan data yang disediakan atau dikirimkan kepada E-Office oleh Pengguna dan pemberian informasi oleh Pengguna merupakan risiko yang ditanggung oleh Pengguna sendiri.

E-Office akan menghapus dan/atau menganonimkan Data Pribadi Pengguna yang ada di bawah kendali E-Office apabila (i) Data Pribadi Pengguna tidak lagi diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya; dan (ii) penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Mohon diperhatikan bahwa masih ada kemungkinan bahwa beberapa Data Pribadi Pengguna disimpan oleh pihak lain, termasuk instansi penyelenggara negara yang berwenang. Dalam hal kami membagikan Data Pribadi Pengguna kepada instansi penyelenggara negara yang berwenang dan/atau instansi lainnya yang dapat ditunjuk oleh pemerintah yang berwenang atau memiliki kerja sama dengan E-Office, Pengguna menyetujui dan mengakui bahwa penyimpanan Data Pribadi Pengguna oleh instansi tersebut akan mengikuti kebijakan penyimpanan data masing-masing instansi tersebut. 

Akses dan Perbaikan Data Pribadi Pengguna atau Penarikan Kembali Persetujuan

E-Office mengambil langkah-langkah yang wajar untuk memastikan bahwa Data Pribadi Pengguna diproses secara akurat dan lengkap. Namun demikian, penting bagi Pengguna untuk memberi tahu E-Office secara tepat waktu tentang segala perubahan pada Data Pribadi Pengguna atau jika ada kesalahan dalam Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali E-Office.

Pengguna berhak untuk mengakses atau mengoreksi Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali E-Office melalui layanan pengguna E-Office yang tersedia dalam Kebijakan Privasi ini. Namun demikian, permohonan tersebut hanya akan diproses oleh E-Office apabila Pengguna telah menyerahkan bukti identitas yang memadai untuk melakukan akses atau koreksi terhadap data tersebut. E-Office berhak menolak permohonan untuk mengakses, atau untuk memperbaiki, sebagian atau semua Data Pribadi Pengguna yang E-Office miliki atau kuasai jika diizinkan atau diperlukan berdasarkan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini termasuk dalam keadaan di mana Data Pribadi tersebut dapat berisi referensi kepada orang lain atau di mana permintaan untuk akses atau permintaan untuk mengoreksi adalah untuk alasan yang E-Office anggap tidak relevan, tidak serius, atau menyulitkan.

E-Office dapat membebankan biaya administrasi kepada Pengguna untuk menangani permintaan Pengguna untuk mengakses atau mengoreksi Data Pribadi Pengguna.

Pengguna dapat menarik persetujuan yang telah Pengguna berikan terkait dengan pemrosesan Data Pribadi Pengguna yang ada di bawah kendali E-Office dengan mengirimkan permintaan tersebut melalui layanan pengguna E-Office yang tercantum dalam Kebijakan Privasi ini. E-Office akan memproses permintaan Pengguna dalam kurun waktu yang wajar sejak permintaan penarikan persetujuan tersebut disampaikan, dan selanjutnya tidak memproses Data Pribadi Pengguna sesuai dengan permintaan awal Pengguna, kecuali diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam hal terdapat penarikan persetujuan, E-Office mungkin tidak dapat melaksanakan kewajiban-kewajibannya berdasarkan setiap perjanjian antara Pengguna dengan E-Office. Sehubungan dengan hal tersebut, terdapat juga kemungkinan bahwa dikarenakan E-Office tidak dapat melaksanakan kewajiban-kewajibannya oleh karena Pengguna menarik persetujuannya, setiap hubungan hukum antara Pengguna dan E-Office menjadi berakhir dan tidak dapat dilanjutkan. 

Pengaduan terkait Perlindungan Data Pengguna

Jika Pengguna memiliki kekhawatiran tentang penanganan atau perlakuan E-Office terhadap Data Pribadi Pengguna atau jika Pengguna yakin bahwa privasinya telah dilanggar, Pengguna dapat menghubungi E-Office melalui layanan pengguna E-Office atau kepada kontak penyedia layanan E-Office yang tercantum dalam Kebijakan Privasi ini dengan menjelaskan identitas dan sifat keluhan Pengguna.

E-Office akan menyelidiki keluhan Pengguna dan berupaya untuk memberikan tanggapan terhadap keluhan tersebut dalam kurun waktu yang wajar setelah menerima keluhan yang disampaikan oleh Pengguna.

Hubungi Kami

Dalam hal Pengguna memiliki pertanyaan, komentar, keluhan, atau klaim mengenai Kebijakan Privasi ini atau Pengguna ingin mendapatkan akses dan/atau melakukan koreksi terhadap Data Pribadi miliknya, silakan hubungi layanan pengguna E-Office melalui media sosial atau lainnya.

Penyimpanan, Permohonan Subjek Data dan Penghapusan Informasi

E-Office akan menyimpan informasi selama akun Pengguna aktif sesuai dengan ketentuan peraturan hukum yang berlaku di Indonesia.

Pengguna memiliki hak untuk mengajukan permohonan subjek data kepada E-Office yang selengkapnya dapat dilihat DI SINI.

Pengguna dapat melakukan permohonan penghapusan informasi Pengguna melalui penyedia layanan E-Office.

E-Office akan memproses permohonan subjek data sesuai dengan ketentuan peraturan hukum yang berlaku di Indonesia. 

Pembaruan Kebijakan Privasi

E-Office dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan atau pembaruan terhadap Kebijakan Privasi ini sebagai bagian dari kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan kebijakan internal perusahaan. E-Office akan memberikan notifikasi kepada Pengguna dalam adanya perubahan dan/atau pembaruan dalam Kebijakan Privasi ini.